Minggu, 10 Januari 2010

Manfaat Buah Kersen/Keres


Kersen atau keres yang sering dugunakan anak-anak untuk bermain atau dimakan ternyata berkhasiat untuk obat. Pohon kecil ini awalnya tumbuh semai liar ditepi jalan,selokan atau bahkan ditengah retakan tembok lantai atau pagar. Tumbuh dengan cepat (biasanya dibiarkan saja) membesar sebagai pohon naungan.Walau sekarang banyak dipakai hanya sebagai tanaman peneduh,sebenarnya tanaman ini mempunyai manfaat kesehatan yang sangat berguna.

Kersen berasal dari Amerika tropis (meksiko selatan,karibia,amerika tengah sampai peru dan bolivia).Dibawa masuk ke filipina pada akhir abad-19 dan lalu dengan cepat menyebar diseluruh wilayah teropis Asia Tenggara.

Jus buah kersen,bahkan memiliki kandungan yang lebih dibutuhkan seorang seberagam apapun minuman isotonik yang telah menyebar dipasaran,kandungannya tak sebaik jus buah kersen. Jus kersen dikatakan memiliki kandungan yang lebih dibutuhkan seorang atlet,yaitu untuk mencegah cendera otot saat beraktivitas.

Beberapa kandungan yang dipunyai buah kersen adalah setiap 100 gram bagian buah yang dapat dimakan kira2 mengandung ; air(77,8 gram),Protein(0,324 gram),Lemak (1,56 gram),Karbohidrat (17,9 gram),serat (4,6 gram),abu (1,14 gram),kalsium(124,6 gram), Fosfor (84 gram),besi (1,18 gram),karoten (0,019 gram),thianin (0,065 gram),riboflavin( 0,019 gram),citamin C (80,5 mg) nilai energinya 380 kJ/100 gram.

Diindonesia,banyak juga mesyarakat yang menggunakan buah ini secara tradisional untuk mengobati penyakit asam urat.Biasanya apabila serangan datang,mereka mengonsumsi buah kersen 9 butir, tiga kali sehari selama 3 hari berturut2.Sedangkan untuk daun kersen,secara tradisional telah lama digunakan di Peru dengan pemakaian seperti mengonsumsi teh (dibuat seduhan atau rebusan) untuk menghilangkan rasa sakit seperti sakit kepala dan juga antiradang.

DATA ILMIAH KERSEN
1.ANTISEPTIK --> Rebusan daun kersen ini ternyata mempunyai khasiat dapat membunuh mikroba atau sebagai antiseptik. Rebusan daun kersen terbukti dapat membunuh bakteri C.diptheriae,S.aureus,P.vulgaris,S.epidemidis, dan K.rhizophil .Diduga aktivitas bakteri dari daun kersen ini karena adanya kandungan seperti tanin,flavonoids dan saponin yang dipunyainya.
2.ANTIINFLAMASI --> Rebusan daun kersen juga mempunyai khasiat untuk mengurangi radang (antiinflamasi) dan juga menurunkan panas.
3.ANTITUMOR --> Daun kersen dilaporkan juga mempunyai efek anti tumor,kandungan senyawa flavonoid yang dipunyai daun kersen ternyata dapat menghambat pertumbuhan sel kanker secara laboratoris.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar